Rhenald Kasali : Sukses Adalah Proses!

sukses

Siapa tak kenal Prof. Rhenald Kasali Ph.D? Pengusaha sekaligus akademisi ini dikenal lewat buku-buku bestsellernya. Tak cuma itu, ia dikenal sebagai wirausahawan sukses yang banyak memotivasi orang lain untuk ikut sukses. Melalui buah karyanya, orang banyak belajar bahwa menjadi kaya bukanlah tujuan utama. Bagi Rhenald, sukses bukanlah dilihat dari kekayaan yang mereka miliki. Tetapi sejauh mana ia bisa bermanfaat bagi orang lain.

Apa saja resep sukses ala Rhenald Kasali? Simak tips-tipsnya dari rangkuman seminarnya di Bandung beberapa waktu lalu; 

Kemauan untuk Mandiri

Kemandirian adalah pokok bagi setiap wirausahawan. Tak banyak orang yang mau ‘mandiri’. “Karena kemandiri adalah sebuah pilhan,” kata Rhenald. Jika Anda ingin menjadi seorang pengusaha, berarti Anda harus mau untuk mandiri. Kemauan ini tak bisa datang begitu saja, diperlukan usaha, kerja keras, dan kerja cerdas. Pasalnya, kemampuan untuk hidup mandiri tidak dimiliki oleh setiap orang. Ada orang yang sudah terlatih untuk mandiri ada juga yang tidak. Para perantau misalnya, sedari muda mereka sudah terbiasa hidup mandiri. Jadi jangan heran, bila orang yang merantau lebih banyak punya usaha sendiri daripada mereka yang tidak.

Tak Ada Jalan Pintas

“Ini adalah ‘penyakit’! Selalu ingin mendapat sesuatu serba cepat, padahal tidak ada yang jalan pintas dalam kesuksesan semuanya membutuhkan proses.” Banyak training, buku, atau seminar-seminar yang dilankukan dengan tagline ‘cepat kaya’. Meski tidak sepenuhnya keliru, tapi Rhenald tidak sependapat dengan hal itu. Untuk resep yang satu ini, Rhenald sangat tegas. Baginya, kesuksesan sangat jauh dari prinsip ‘memang lotre’ alias serba instant. Tidak ada ceritanya orang sukses yang tidak berproses. Perjalanan inilah justru yang membuat seseorang semakin mantap meraih kesuksesan.

“Ada yang bilang bisa sukses dalam kurun dua bulan, dua minggu, dua hari, bahkan dua menit!” Hal itu terang-terang ditolak Rhenald. Apalagi bila niat awalnya sudah ingin kaya. “Wah, repot bila sudah niatnya seperti itu,” tambahnya. Proses dan perjalanan menuju kesuksesan itulah yang hakiki. Kaya itu ada sebagai akibat kita bersungguh-sungguh menekuni satu usaha, bukan tujuan utama dalam berwirausaha.

Resiko dan Peluang

Seorang wirausahan sukses tak pernah bermain diarea ‘aman’. Semakin beresiko sesuatu maka hal itu akan semakin menarik bagi mereka yang berjiwa wirausahawan. “Jika ia sudah nyaman dengan zona aman, ya itu sih karyawan.” Rhenald menuturkan, biasanya semakin tinggi resiko yang akan dihadapi oleh seorang pengusaha maka semakin besar peluang dia untuk sukses. Misalkan, usaha resort didaerah terpencil, buka usaha ponsel di Papua, atau sekadar jualan kopi dan minuman saat demo berlangsung.

Tidak banyak orang yang mau membuka usaha didaerah terpencil karena terlalu beresiko. Padahal bila kita jeli, usaha yang dilakukannya akan membuka peluang pasar baru yang lebih luas. Sama halnya ketika sedang terjadi demo di kota besar. Orang-orang biasanya akan menutup warung atau toko karena takut terjadi penjarahan. Tapi, bagi penjual kopi keliling resiko seperti ini adalah peluang emas.

Mengubah Sudut Pandang

Rhenald mengawali dengan sebuah kisah. Ada seorang buta yang hidup dipinggiran kota New York. Dia duduk di depan sebuah bangunan dengan secarik kertas bertuliskan, “I’m Blind Please Help!” Banyak orang berlalu lalang, tapi tak satu pun memberinya uang. Hingga seorang wanita datang kepadanya, mengambil kertas orang buta itu dan mengganti tulisannya. Setelah tulisan itu diganti, banyak orang yang membantu orang buta itu. Rezeki mengalir begitu saja, tentu orang buta itu kaget. Ia kemudian menanyakan kepada wanita yang mengganti tulisannya itu. “Apa yang kau tuliskan di kertasku?” tanya orang buta. “This is beautifull day, but I cant see,” bisik wanita itu.

“Seseorang yang hanya fokus pada kekurangan dirinya akan sulit meraih kesuksesan,” tegas Rhenald. Gunakan semua potensi yang Anda miliki sekarang, jangan melihat apa yang kurang adalah sikap optimis para pengusaha sukses. Saat Anda melihat ada kekurangan dalam diri Anda tak perlu cemas. Bersemangatlah, karena Anda masih punya sesuatu yang lain. “Mulailah dari hal yang Anda miliki dan bersyukur atas hal itu.” Seperti kisah seorang buta itu. Kesalahan fatal yang ia lakukan adalah mengeluhkan atas kondisi yang ia miliki. Dengan mengubah sudut pandang, kita akan melihat dunia dengan cara yang lebih baik.

Begitu juga dalam kesuksesan. Banyak orang besar di dunia ini yang senantiasa melihat sesuatu dengan ‘nada’ positif. Hal ini akan melahirkan optimisme dalam menjalani kehidupan. Tentu orang seperti ini, seolah tak punya ‘beban’. Setiap rintangan yang ia hadapi, akan dilalui dengan penuh keikhlasan.

Iklan

One thought on “Rhenald Kasali : Sukses Adalah Proses!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s